Jumat, 27 Juni 2014

Komputer Mikro

Komputer mikro (bahasa Inggris: komputer mikro) adalah kelas komputermenggunakan mikroprosesor sebagai CPU. Komputer mikro ini juga dikenal sebagaikomputer pribadi (PC), komputer rumah, atau usaha kecil komputer. Mikrokomputeryang ditempatkan pada meja kerja yang bernama dengan desktop, sedangkan yangdijinjing (portable) bernama Laptop, karena sering ditempatkan pada paha. Ketikakomputer pertama muncul mikro ke pasar, komputer dianggap jenis perangkat yangdigunakan hanya oleh satu orang, mampu menangani informasi yang 4-bit, 8-bit, atau16-bit (dibandingkan dengan minikomputer atau mainframe mampu menangani lebih banyak informasi dari 32-bit) pada suatu waktu. Lebih lanjut pengembangan, klasifikasimainframe, komputer mini dan mikro menjadi tidak relevan, karena mampu menanganiinformasi 32-bit atau 64-bit dalam satu waktu, sama seperti komputer mini ataumainframe mikrokomputer baru. Anggapan juga sekarang memiliki dukungan untukbeberapa pengguna secara tepat waktu. Microcomputer dirancang untuk digunakan dirumah, sekolah atau kantor.
Sejarah


Ada sejumlah inovasi di bidang mikro elektronik yang membuat komputer mikro dapatdibuat: sirkuit terpadu (IC) yang mulai dikembangkan pada tahun 1959 danmikroprosesor pertama adalah keluar pada tahun 1971. IC memungkinkan minaturisasidari sirkuit sirkuit memori komputer, sementara mengurangi ukuran CPU komputermikroprosesor untuk mengukur signifikan.


Komputer mikro pertama (ukuran desktop) muncul pada tahun 1974, ditawarkan olehMicro Instrumentation Telemetry Systems (MITS), yang didirikan oleh Ed Roberts padatahun 1969. Komputer mikro, Altair 8800, dijual sebagai sebuah kit yang ditawarkanoleh sedikit di bawah 395 US $. Komputer kit harus dikumpulkan oleh pengguna(berarti "Majelis" di sini adalah solder dan integrasi komponen, daripada perakitan PCsaat ini hanya membutuhkan obeng). Altair 8800 bersenjata dengan 8-bitmikroprosesor Intel 8080 memori dengan 256 bytes (tidak kilobyte); tanpa monitor,keyboard dan tanpa! Pemilik komputer harus membeli keyboard (pada waktu bukankeyboard, tapi teletype) dan memantau secara terpisah. Karena memiliki monitor tidak,pengguna tidak akan menemukan pesan apapun dari komputer Altair 8800 selain LED(Light Emitting Diode) yang berkedip lampu disko dan buzzer terdengar bunyi-bunyi-bunyi bip.


Altair 8800 memiliki sistem bus dengan arsitektur terbuka, disebut S-100 bus karenamemiliki PIN 100 per slot. Arsitektur terbuka ini memungkinkan setiap orang untukmemperluas papan sirkuit untuk cocok slot dan kemudian mendapatkan berhadapan dengan sistem. Ini, untuk beberapa lebih perifer atau tambahan memperluas ke Altair.Bahkan beberapa perangkat lunak dapat dibuat untuk mendukung Altair, termasukdasar Micro-Soft dan operasi sistem CP / M Gary Kildall dibuat dari Digital penelitianIncorporated.


Bill Gates dan Paul Allen Micro-Soft didirikan juga berpartisipasi dalammengembangkan perangkat lunak untuk microcomputer Altair 8800. Awalnya merekahanya diam pada pengembangan perangkat lunak pada komputer-mini DEC PDP-11,sebelum akhirnya mereka melihat iklan di majalah Edisi Januari 1975 elektronik yangpopuler dengan judul "Dunia pertama Microcomputer Kit saingan model komersial".Mereka dapat benar-benar mengembangkan perangkat lunak untuk komputer, tetapimemiliki salah satu kendala: mereka tidak pernah menggunakan atau memilikikomputer. Untungnya, mereka mendapatkan data tentang spesifikasi teknis yangmenguatkan Altair mikroprosesor, Intel 8080. Mereka akhirnya mampumengembangkan bahasa pemrograman BASIC (pemula All-purpose SymbolicInstruction Code), yang mereka sebut sebagai Microsoft BASIC. Selanjutnya, merekadatang untuk menjual dasar untuk MITS MITS dan MITS akan setuju untuk membayarMicro-Soft dengan deposit sebesar US $ 180.000. Media penyimpanan yangdigunakan oleh Micro-Soft untuk mendistribusikan BASIC Micro-Soft adalah mediapenyimpanan dalam bentuk pita kertas berlubang.


Permintaan untuk microcomputer kit dengan cepat dan tiba-tiba, sangat banyak.Banyak perusahaan juga pemula akhirnya melompat ke dalam perkembangan mikro,untuk memiliki sebuah perusahaan yang cukup besar, Tandy Corporation (RadioShack), memperkenalkan model komputer mikro sendiri dirujuk sebagai TRS-80 tahun1977. TRS-80 dengan cepat menguasai pasar, karena menawarkan dua fitur menarik(sebelumnya tidak dimiliki oleh Altair): keyboard dan monitor sinar katoda terminal(CRT). Komputer ini juga terkenal karena itu dapat diprogram oleh pengguna danpengguna dapat menyimpan informasi dengan menggunakan kaset. Tandy memilihZilog Z80 sebagai otak digunakan oleh Radio Shack TRS-80 dan lengkap dengan RAMberkapasitas 4096 byte (4K).



IBM juga meluncurkan komputer mikro sebenarnya pada tahun 1975, disebut sebagaiIBM Model 5100, tetapi bukan PC. Model ini memiliki 16 kilobyte memori,perangkat karakter layar dengan resolusi 16 baris x 64 karakter, penerjemah BASICyang terintegrasi dan IBM tape drive terpadu DC-300 digunakan sebagai mediapenyimpanan. Sayangnya, sistem terlalu mahal, sehingga dihargai 9000 US $, sangatjauh berbeda dari sistem Altair 8800. Dengan demikian, sistem IBM Model 5100 tidakturun di kompetisi microcomputer murah. Karena sangat mahal, sistem ini bukanlahsangat berharga. IBM juga mengembangkan Model 5110 dan Model 5120 sebagaipenerus dari IBM Model 5100, tetapi tidak banyak membantu menjual komputer ini.


Pada tahun 1976, dua orang muda Stephen Wozniak dan Steven Jobs mendirikankomputer manufaktur perusahaan yang disebut komputer Apple. Produk pertamamereka, Apple saya menghargai hanya 666.66 USD. Jobs dan Wozniak hanyamembuat Apple kecil saya komputer, tetapi mereka berhasil dijual untuk mendapatkanlebih dari 20.000 US $.


Karena keberhasilan ini, Apple juga menanggapi Apple II, yang dirilis pada tahun 1977.Hal ini karena Apple II memiliki layar berwarna (walaupun hanya 6 warna hanya) tidakditemukan pada komputer pribadi pada waktu. Karena komputer mikro ini, Applesudah dimiliki perusahaan di Amerika Serikat yang tumbuh tercepat dalam sejarah.Perkembangan pesat mengilhami banyak yang berpartisipasi terjun ke manufakturkomputer mikro. Sebelum memasuki dekade 1980-an, pasar komputer pribadi adalahdidefinisikan dengan baik (setelah sebelumnya hanya mainframe dan minikomputer).


Seperti TRS-80 yang menggunakan prosesor dari Intel, Steven Jobs dan StevenWozniak juga mengenakan mikroprosesor yang tidak diproduksi oleh Intel Corporationpada komputer Apple II, sehingga mereka dapat tidak secara langsung kompatibeldengan program-program yang dirancang untuk komputer dengan Intelmikroprosesor dasar. Apple II, Wozniak dan pekerjaan yang menggunakan prosesorMostek 6502 dibuat oleh MOS Teknologi



Juga di MITS, Micro-Soft juga melakukan pemrograman ulang tahun Microsoft BASICuntuk komputer Altair 8800 untuk menjalankan pada Apple II, dan menggunakanmikroprosesor yang berbeda TRS-80. Lebih lanjut perangkat lunak yang dibuat oleh Micro-Soft adalah bahasa pemrograman Fortran (Formula penerjemah), yang dirilis pada tahun 1977.



Pada tanggal 12 Agustus 1981, IBM mencoba untuk memperbaiki kesalahan denganmelepaskan komputer mikro lebih murah daripada komputer sebelumnya, dikenalsebagai IBM PC 5150. Komputer IBM PC 5150 dilengkapi dengan mikroprosesor Intel8088 dengan kecepatan 4:47 MHz dan 40,963 byte memori ROM (40K) dan 16,384byte dari memori RAM (16K). Karena sistem operasi DOS, IBM PC dilengkapi dengandua (Model 176) atau buah (Model 166) floppy disk drive 5 ¼ inci yang akan tetaphanya 160K per disketnya, dan warna monitor layar sebagai pilihan opsional. Untukperangkat input, IBM menggunakan IBM keyboard buatan sendiri dengan 83-keyjumlah buah. Dan dengan dirilisnya IBM PC, IBM PC menjadi standar de facto di lebih lanjut komputer mikro kontrol komputer mikro sistem operasi pasar dan industri.
Jenis komputer mikro



Berikut adalah beberapa jenis komputer mikro yang pernah beredar (daftar ini tidaklengkap):


  1. * Altair 8800 
  2. * Tandy TRS-80 
  3. * IBM PC / kompatibel (Desktop) 
  4. * IBM PC / kompatibel (Laptop) 
  5. * Apple saya 
  6. * Apple II 
  7. * Apple Lisa 
  8. * Apple Macintosh 
  9. * Apple iMac 
  10. * Apple MacMini 
  11. * Apple PowerMac 
  12. * Apple PowerBook 
  13. * Apple iBook 
  14. * Apple MacBook

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates