Rabu, 05 Oktober 2011

Koneksi Internet Kurang Stabil? Di ‘Ping’ aja

Buat temen-temen yang menggunakan koneksi internet dengan modem ponselmodem usb, atau modem lainnya pasti tidak jarang mengalami koneksi yang ‘mandeg’ atau idle (koneksi masih nyambung tapi saat mau browsing tidak ada respon dari web yang dituju), apalagi kalo kita tidak melakukan aktivitas apapun dalam beberapa waktu tertentu.
Jika sudah seperti ini, solusi paling mudah adalah mematikan koneksi (disconnect) dan melakukan koneksi ulang (redial), baru kita bisa lancar lagi browsingnya, tapi tentunya ini tidak efektif, karena kita bakal sering melakukan redial jika kita berhadapan dengan koneksi yang tidak stabil atau kita sering membiarkan koneksi internet berjalan tanpa melakukan aktivitas apapun (biasanya ditandai dengan ikon koneksi jaringan di system tray yang tidak aktif kedua-duanya atau hanya aktif salah satu saja).
Berikut ada sebuah trik internet sederhana yang bisa membantu menyelesaikan atau minimal mengurangi permasalahan tersebut di atas. Trik yang saya maksud di sini adalah kita melakukan Ping ke server tertentu sehingga koneksi tetap berjalan walaupun kita tidak melakukan aktivitas internet (download atau upload) apapun.
Ping sendiri adalah singkatan dari Packet Internet Groper, yang merupakan aplikasi untuk menguji konektivitas pada sebuah jaringan dengan cara mengirimkan paket data ke server yang dituju, dari data yang dikirimkan tersebut dilihat berapa paket yang dikirimkan kembali sebagai respons dari server yang dituju, berapa paket yang hilang (lost). Semakin kecil data lost berarti koneksi semakin baik.
Fungsi Ping ini, selain untuk menguji konektivitas, juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan koneksi internet bisa berjalan lebih stabil. Mengingat cara kerja Ping yang mengirimkan data dan menunggu data kembali ini menjadikan proses koneksi internet tetap berjalan meskipun kita sendiri tidak melakukan  aktivitas apapun (bisa dilihat perbandingannya pada ikon koneksi jaringan di system tray yang terus aktif).
Untuk menjalankan fungsi Ping ini sebenarnya cukup mudah, kita bisa melakukan dengan membuka Command prompt melalui Start kemudian pilih Run. Ketikkan cmd kemudian pilihOk.
undefined
setelah itu ketik "cmd"
undefined
Selanjutnya pada panel Command prompt kita ketikkan perintah ping, yaitu:
ping www.nama web.com (data akan dikirimkan 3 kali saja, setelah itu muncul hasil tes)
undefined
Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa paket data yang dikirimkan (Sent) 3, dan kembali (Received) 2, berarti ada data hilang (Lost) 3.
Tetapi jika kita ingin melakukan tes terus menerus, maka perintah ping-nya ditambah –t:
ping www.nama web.com –t
undefined
undefined
kalo ada bacaan reply berarti tersambung, 
kalo RTO(Request Time Out) berarti tidak terhubung ke koneksi 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates